• Jl. Salak No.22 Bogor
  • (0251) 8382563
  • [email protected]
Logo Logo
  • Beranda
  • Profil
    • Overview
    • Visi & Misi
    • Struktur Organisasi
    • Tugas & Fungsi
    • Pimpinan
    • Satuan Kerja
    • Sumber Daya Manusia
    • Logo Agrostandar
  • Informasi Publik
    • Portal PPID
    • Standar Layanan
      • Maklumat Layanan
      • Waktu dan Biaya Layanan
    • Prosedur Pelayanan
      • Prosedur Permohonan
      • Prosedur Pengajuan Keberatan dan Penyelesaian Sengketa
    • Regulasi
    • Agenda Kegiatan
    • Informasi Berkala
      • LHKPN
      • LHKASN
      • Rencana Strategis
      • DIPA
      • RKAKL/ POK
      • Laporan Kinerja
      • Capaian Kinerja
      • Laporan Keuangan
      • Laporan Realisasi Anggaran
      • Laporan Tahunan
      • Daftar Aset/BMN
    • Informasi Serta Merta
    • Informasi Setiap Saat
      • Daftar Informasi Publik
      • Standar Operasional Prosedur
      • Daftar Informasi Dikecualikan
      • Kerjasama
  • Publikasi
    • Buku
    • Pedum/ Juknis
    • Infografis
  • Reformasi Birokrasi
    • Manajemen Perubahan
    • Deregulasi Kebijakan
    • Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik
    • Penataan dan Penguatan Organisasi
    • Penataan Tata Laksana
    • Penataan Sistem Manajemen SDM
    • Penguatan Akuntabilitas
    • Penguatan Pengawasan
  • Kontak

Berita BRMP Pengelola Hasil

Balai Pengelola Hasil Perakitan Dan Modernisasi Pertanian

Thumb
188 dilihat       19 Juli 2024

Fokuskan Penyusunan SPBE BSIP pada Layanan Terpadu

Bogor (19/7) – Pagi ini dilaksanakan pembahasan lanjutan atas konsepsi Sistem Pelayanan Berbasis Elektronik (SPBE) untuk mendukung Satu Layanan Terpadu BSIP. Mengantarkan koordinasi pagi ini dari Ketua Kelompok Perencanaan, Sekretariat, Dr. Sri Asih Rohmani menyampaikan urgency atas penatakelolaan pemerintahan yang baik (good governance) sebagaimana disampaikan mendukung implementasi ZI. Bingkaian Dr. Asih pada pertemuan sebagaimana disampaikan menjadi tolok ukur bahwa pentingnya penyelenggaran satu layanan terpadu dan menjadi satu SSO (Single Sign On) adalah bagian dari amanah pada Reformasi Birokrasi. Dan terkait hal ini agar orientasi pelayanan ini nanti sudah dipastikan eksternal atau juga berbasis pada ‘Outward Outlook,’ tidak lagi Satker oriented, akan tetapi jelas pada kebutuhan di masyarakat, jelasnya lagi.

Sebagai narasumber pada pertemuan Sdr. Henriyadi, Ph.D dari Pusat Pustaka dan Literasi menyampaikan bahwa pentingnya dilakukan identifikasi kebutuhan dari mitra stakeholdernya terlebih dahulu. Hal ini mengantarkan pada tahapan kedua didalamnya yaitu melaksanakan gap analysis, terutama guna memastikan bahwa yang dilakukan tidak tumpang tindih dan tidak mengulangi dari yang sudah ada. Bahkan antisipasinya jikapun ada, dilakukan penyesuaian lagi, sehingga pada konteks ini butuh kerelaan dari masing-masing Satker, ungkapnya. Intinya ada 3 langkah yang dapat dilakukan apabila sudah terlanjur ada pada posisi penyediaan aplikasinya sudah dilakukan diantaranya dengan langkah akusisi, adopsi, dan juga interoperabilitas.

Kepala BISIP pada kesempatan diskusi menyampaikan pandangan atas pelaksanaan identifikasi yang sudah digagas sejak tahun lalu dengan narasumber Dr. Haryono yang menjadi Tim dalam penysunan organisasi BSIP. Disampaikan bahwa sejak awal mengidentifikasi kebutuhan stakeholder tentang layanan, BISIP sudah melakukan kunjungan kepada beberapa mitra diantaranya Pusdatin BSN, BBP Mektan, BB Penerapan, dan terakhir BPSIP Sumbar, ungkapnya. Upaya BISIP mengintegrasikan hal ini berkaitan dengan beralihnya BISIP sebagaimana saat ini menjadi Balai dengan tugas memberikan layanan informasi, akan tetapi informasinya tersebar di masing-masing Satker. Oleh karenanya, BISIP menginisiasi pengumpulan data dan informasi dalam SiBaRISTA. Dan sampai saat ini modul-modul yang melengkapi SiBaRISTA saat ini sedang berproses, dengan melakukan penyempurnaan sistem dari yang awalnya hanya untuk data paten dan PVT atau data ATB bernilai KI lingkup BSIP.

Prev Next

-


Pencarian

Berita Terbaru

  • Thumb
    Konsentrasikan Perubahan Mekanisme Pemanfaatan dan Pengelolaan di Balai Baru
    19 Mei 2025 - By BRMP Pengelola Hasil
  • Thumb
    Pejabat BRMP Siapkan Diri Dukung Penuh Program Mentan
    15 Mei 2025 - By BRMP Pengelola Hasil
  • Thumb
    Monitoring dan Evaluasi Komprehensif Kunci Tercapainya Target Kinerja Organisasi
    14 Mei 2025 - By BRMP Pengelola Hasil
  • Thumb
    HaKI Tidak Hanya untuk Kalangan Intelektual
    14 Mei 2025 - By BRMP Pengelola Hasil
  • Thumb
    Kontribusi Positif KI dalam Upaya Mendorong Modernisasi Pertanian
    30 Apr 2025 - By BRMP Pengelola Hasil

tags

BSIP Balai Informasi Standar Instrumen Pertanian SPBE Single Sign On Sistem Layanan

Kontak

(0251) 8382563
(0251) 8382563
[email protected]

: 081805503899

Jl. Salak No. 22 Kelurahan Babakan,

Kecamatan Bogor Tengah

Kota Bogor - Jawa Barat

16128

© 2022 - 2025 Balai Pengelola Hasil Perakitan Dan Modernisasi Pertanian. All Right Reserved